logo
Semen Rajawali - Melekat Kuat, Ramah Lignkungan

Kelebihan Bata Merah Sebagai Pilihan Material Dinding Rumah

Tips Senin, 04 Juni 2018
Kelebihan Bata Merah Sebagai Pilihan Material Dinding Rumah

Sobat Rajawali, saat membuat bangunan, seringkali kita dihadapkan dengan banyaknya material yang ditawarkan di pasaran. Ya memilih bahan bangunan memang tidak mudah Sobat Rajawali. Jika Sobat Rajawali kurang jeli dalam memilih material utama, pastinya akan berisiko terhadap kekuatan bangunan yang dibuat.

Dalam elemen bangunan, dinding menjadi hal yang paling menentukan kokoh atau tidaknya bangunan. Batu bata menjadi material utama yang menjadi pilihan sejak zaman dahulu sebelum muncul material lain seperti kayu olahan, dan perforated metal yang dapat menunjang keindahan bangunan.

Namun, banyak orang tetap memilih cara konvensional yakni menggunakan material jenis bata karena mudah didapatkan, hemat biaya, dan terbukti tangguh alias kokoh menghadapi cuaca ekstrim. Selain itu pengaplikasiannya juga tergolong mudah dan hampir tidak memerlukan tenaga ahli khusus dalam pengerjaannya. Bahkan, beberapa orang sengaja memilih material batu bata dengan tujuan menjadikan rumah berkonsep industrial yang tren beberapa tahun terakhir.

Terdapat beberapa jenis bata merah yang dapat Sobat Rajawali pilih sebagai material dasar dinding hunian. Terdapat dua jenis bata yakni bata merah dan bata ekspose. Letak perbedaannya adalah pada bentuk dasar di mana bata ekspos lebih rapi dan memiliki corak yang seragam. Berbeda dengan bata merah yang cenderung memiliki warna yang beragam dan bentuknya yang kurang rapi.

Sobat Rajawali dapat memilih jenis bata ekspos, tidak hanya untuk material utama dinding tetapi juga dapat dijadikan unsur dekorasi sebagai lapisan penutup dinding. Ditilik dari harga, tentu lebih mahal bata ekspos dibandingakan dengan harga bata merah.

Sobat Rajawali perlu cermat dalam memilih bata merah yang berkualitas. Pada umumnya bata merah yang baik memiliki massa ringan dan berbunyi nyaring ketika diketuk. Jika dilihat secara langsung juga tidak terlihat rongga atau lubang di permukaannya. Namun, dari sisi kualitas, bata ekspos lebih bagus dan dapat dijadikan pilihan Sobat Rajawali.

Galeri