logo
Semen Rajawali - Melekat Kuat, Ramah Lignkungan

Tips Membuat Ruangan Lebih Sejuk Meskipun Tanpa Kipas Angin atau AC

Tips Selasa, 21 November 2017
Tips Membuat Ruangan Lebih Sejuk Meskipun Tanpa Kipas Angin atau AC
Meskipun sedang memasuki musim penghujan, cuaca di Indonesia memang cenderung panas dan gerah, termasuk jika di dalam ruangan. Umumnya, cara paling efektif mengurangi rasa panas atau gerah itu adalah dengan menyalakan alat pendingin ruangan seperti kipas angin atau AC. Namun, jika menyalakan alat pendingin tersebut sepanjang hari tentu akan berakibat pada membengkaknya biaya listrik di akhir bulan. Nah, untuk mencari solusi dari masalah tersebut Semen Rajawali ingin membagikan tips-tips membuat ruangan menjadi lebih sejuk meskipun tanpa kipas angin atau AC. Yuk disimak! 
 
1. Letakkan tanaman hidup di area rumah
Tanaman hidup selain memberikan efek natural yang menyejukkan secara psikologis, ternyata juga dapat membantu menjaga sirkulasi udara di dalam ruangan agar lebih baik karena tanaman menghasilkan oksigen. Konsep menanam tanaman hidup di dalam ruangan bisa diaplikasikan dengan meletakkannya dalam pot-pot kecil untuk mempercantik desain interior rumah. Selain itu, Sobat Rajawali juga bisa melindungi rumah dari paparan sinar matahari langsung dengan menanam pohon besar di area pekarangan atau halaman rumah. 
 
2. Pilihlah warna cat tembok yang menyejukkan mata 
Anda tentu pernah mendengar bahwa warna dapat mempengaruhi mood  atau perasaan seseorang. Oleh sebab itu, pemilihan warna cat tembok atau warna yang mendominasi sebuah ruangan tentu akan mempengaruhi kesan yang dirasakan ketika berada di dalam ruangan tersebut. Untuk menghasilkan kesan sejuk atau segar, pilihlah warna cerah seperti putih, biru muda atau hijau muda. Selain memberi kesan sejuk, warna-warna cerah tersebut juga memberi kesan tenang dalam ruangan. Jika tidak ingin mengecat ulang tembok, Sobat Rajawali bisa memasang wallpaper atau memadukannya dengan lantai, karpet, atau furnitur dengan warna yang cerah. 
 
3. Perhatikan ventilasi udara di rumah
Lakukan kebiasaan baik seperti membuka jendela rumah pada saat pagi dan sore hari. Tujuannya agar udara di dalam rumah bisa berganti dengan udara segar dari luar. Namun, ketika siang hari dan sinar matahari mulai menyengat, akali dengan memakai tirai jendela agar paparan sinar matahari bisa sedikit berkurang masuk ke dalam rumah. 
 
4. Jangan biarkan rumah penuh dengan perabotan yang menumpuk
Jumlah perabotan di dalam rumah tentu akan menentukan apakah ruangan terasa sumpek atau lega. Terlalu banyak perabotan yang menumpuk di dalam rumah juga secara tidak langsung bisa membuat udara sulit bergerak bebas di dalam ruangan sehingga bisa membuat anggota rumah merasa sesak. Ada baiknya, jika Anda tidak terlalu banyak menggunakan perabotan atau furnitur di dalam rumah. Semakin banyak perabotan yang ada di dalam rumah juga akan sulit untuk membersihkannya, sehingga debu lebih mudah menumpuk. Pilihlah perabotan atau furnitur yang penting saja yang ada di dalam ruangan agar rumah bisa terasa lebih luas dan sejuk. 
 
5. Buatlah langit-langit rumah yang tinggi
Tips lain yang akan membuat rumah terasa lebih sejuk meskipun tanpa alat pendingin ruangan adalah dengan membuat langit-langit yang tinggi. Dengan trik langit-langit tinggi, ruangan terasa lebih luas dan tidak sesak. Selain itu dengan langit-langit yang tinggi juga dapat membantu udara lebih mudah bergerak dan berganti dengan udara luar yang lebih segar. 
 
Semoga tips di atas bisa membantu Sobat Rajawali untuk mendapatkan suasana rumah yang sejuk meskipun tanpa menyalakan alat pendingin ruangan. Selain praktis, tentu bisa lebih hemat listrik kan!
Galeri