logo
Semen Rajawali - Melekat Kuat, Ramah Lignkungan

Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Mendekorasi Ulang Rumah

Tips Selasa, 24 Oktober 2017
Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Mendekorasi Ulang Rumah
Banyak yang bilang bahwa rumah adalah cerminan pemiliknya. Karena itu, banyak orang mendekorasi ulang rumahnya secara berkala. Hal ini tentunya selain merupakan hal yang menyenangkan, mendekorasi ulang rumah adalah tindakan bijaksana yang bisa diambil agar para anggota keluarga menjadi tidak bosan dan betah berada di rumah. Namun, hati-hati Sobat Rajawali, jangan sampai kegiatan mendekorasi ulang rumah menjadi sebuah kegiatan yang menghambur-hamburkan biaya namun hasilnya tidak maksimal dan tidak tepat. Yuk simak berbagai kesalahan yang harus dihindari ketika mendekorasi ulang rumah Anda!
 
1. Dekorasi terlalu berlebihan
Ide dekorasi rumah bisa jadi merupakan ide pribadi Sobat Rajawali sendiri dan Anda bebas berkreasi dengan berbagai furnitur dan aksesoris yang Anda sukai. Namun hati-hati, jangan sampai dengan alasan suka dengan furnitur dan aksesoris tersebut, ruangan yang Anda dekorasi ulang menjadi terlalu penuh dan ramai. Alih-alih membuat ruangan tampak cantik dan indah dengan dekorasi yang baru, bisa jadi justru menjadi tidak enak dan terlihat berlebihan. Seperti contoh gambar di bawah ini, ruangan yang sempit janganlah dibuat tambah sempit dengan memasukkan terlalu banyak barang dan aksesoris.
 
2. Tidak memikirkan fungsi ruangan
 
Kunci utama mendekorasi ulang rumah adalah untuk meningkatkan faktor kenyamanan seluruh anggota keluarga ketika berada di dalam rumah. Banyak orang yang lupa akan fungsi dari ruangan dengan memakai furnitur yang tidak sesuai dengan fungsi ruangan tersebut. Karena hal itu lebih baik menggunakan furnitur dan aksesori yang sesuai dan dibutuhkan saja. 
 
3. Tidak mempedulikan besar ruangan
Jika rumah Sobat Rajawali tidak memiliki skala yang besar untuk tiap ruangan, lebih hati-hatilah dalam memilih furnitur. Hindarilah memasukkan furnitur berskala besar yang tidak berbanding lurus dengan besar ruangan. Seperti membeli sofa atau meja yang terlalu besar sehingga membuat ruangan tampak sempit. Jika Anda terlanjur sudah membeli sofa atau meja yang besar, maka Anda bisa mengakali besar ruangan dengan tidak memasukkan lemari besar di ruangan yang sama, atau memilih rak-rak yang simpel sebagai tempat penyimpanan barang.
 
4. Membeli furnitur berkualitas buruk
 
Terlalu terburu-buru ketika membeli furnitur juga adalah sifat yang harus dihindari ketika mendekorasi ulang rumah Anda. Jangan sampai Anda membeli barang atau furnitur tanpa memikirkan kualitasnya karena furnitur yang mudah rusak tentunya tidak akan bertahan lama. Sehingga Anda harus mengeluarkan uang untuk biaya perbaikan atau membeli furnitur baru lagi dalam waktu yang cepat. Sebagai contoh, hindari pemakaian furnitur kayu jika daerah rumah Anda mudah ditemukan rayap.
5. Warna Cat Dinding
 
Salah membeli cat dinding juga merupakan hal yang harus dihindari ketika Sobat Rajawali ingin mendekorasi ulang rumah Anda. Sebelum membeli sebuah merek cat, diskusikanlah terlebih dahulu kualitas cat tersebut. Selain bisa berdampak pada perbedaan warna yang dihasilkan tidak sesuai dengan warna yang diinginkan, bisa saja cat tembok tersebut adalah cat yang mudah retak atau luntur akibat cuaca.  Selain itu, perhatikan juga pemilihan warna tembok dalam sebuah ruangan.  Hindarilah mengecat keseluruhan tembok dengan warna-warna yang terlalu mencolok seperti warna merah. Apalagi jika ditambahkan dengan karpet atau hiasan yang berwarna merah juga. Ruangan justru akan terlihat terlalu menyilaukan dan berlebihan sehingga kurang nyaman dipandang.
Bagaimana tips di atas? Semoga cukup membantu dan menghindarkan Sobat Rajawali dari kesalahan-kesalahan ketika mendekorasi ulang rumah Anda ya!
Galeri