logo
Semen Rajawali - Melekat Kuat, Ramah Lignkungan

Hiasi Rumah Dengan Pot Tanaman Hias Dari Botol Plastik Bekas

Tips Jum'at, 06 Oktober 2017
Hiasi Rumah Dengan Pot Tanaman Hias Dari Botol Plastik Bekas

Tanaman hias selalu berhasil mempercantik dekorasi rumah dan juga memberikan kesan sejuk serta natural di dalam ruangan. Bagi pemilik rumah dengan luas bangunan yang kecil atau halaman yang sempit, tentu tanaman dalam pot adalah pilihan terbaik. Namun, jangan buru-buru membeli berbagai pot tanaman baru yang harganya mahal. Karena dengan sedikit kreativitas, Sobat Rajawali bisa membuat pot bunga yang manis hanya dengan menggunakan botol plastik bekas. 

Botol plastik yang banyak digunakan sebagai wadah berbagai minuman kemasan biasanya setelah dipakai akan dibuang begitu saja. Padahal, botol-botol plastik ini tidak bisa dengan mudah diuraikan oleh tanah sehingga menjadi salah satu potensi pencemaran lingkungan yang paling berbahaya. Nah, maka dari itu yuk kita hias rumah kita sekaligus membantu mengurangi pembuangan sampah plastik dengan membuat pot tanaman hias dari botol-botol plastik yang biasa Sobat Rajawali gunakan! Berikut caranya:

Alat dan bahan yang disiapkan:

1. Botol plastik bekas (ukuran sesuai keinginan)

2. Gunting/cutter

3. Tali kecil untuk menggantung

4. Cat lukis (cat akrilik atau cat poster)

5. Kuas untuk melukis

6. Bibit tanaman dan tanah 

Cara membuat:

1. Potong botol dengan menggunakan gunting atau cutter hingga terbelah menjadi dua. Ukuran disesuaikan dengan keinginan dan tinggi tanaman yang nantinya akan dimasukkan ke dalam pot.

2. Buatlah pola menyerupai binatang favorit Anda atau anak-anak Anda, seperti kelinci atau beruang, pada sebuah kertas. Tempelkan kertas berbentuk pola tersebut pada botol dan gambar pola tersebut dengan spidol. Lalu gunting pola hingga bagian tengahnya (tidak semua pola digunting). Lubangi juga bagian bawah botol sebagai tempat rembesan air. Jika pot ingin digantung, buatlah lubang di bagian kiri dan kanan botol.

3. Cat keseluruhan permukaan botol dengan cat lukis (cat akrilik atau cat poster) dengan warna dasar. Diamkan hingga cat putih mengering.

4. Setelah cat putih mengering, berikan warna lain yang Anda suka. Hiasi juga kelinci atau beruang dengan mata, hidung dan mulut sehingga terlihat lucu dan menggemaskan. Kegiatan ini tentu akan lebih menyenangkan jika dikerjakan bersama sang buah hati.

5. Setelah seluruh cat mengering, isilah pot tanaman Anda dengan tanah dan bibit tanaman favorit Anda. Kini, pot daur ulang Anda sudah jadi dan bisa diletakkan dan siap mempercantik berbagai sudut rumah Anda!

Selain dibuat seperti contoh di atas, Sobat Rajawali juga bisa membuat versi yang berbeda seperti di bawah ini.

Galeri